PERTANIAN

  • Oct 11, 2022

Desa Sukorejo  yang terletak di kecamatan Guntur Kabupaten Demak merupakan dataran rendah yang berjarak sekitar 20 km dari pantai laut utara jawa. Daerahnya sangat subur dan cocok ditanami berbagai macam tanaman seperti palawija, hortikultura dan sayur sayuran. Mayoritas penduduknya bermatapencaharian sebagai petani.

Beriklim tropis terdiri dari dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Pola tanam masyarakatnya adalah dua kali tanam padi dan sekali tanam musim kemarau.Tanaman pada musim kemarau ini beraneka ragam. Antara lain : Jagung, kacang hijau, tembakau dan buah melon atau semangka..Adapun sayur sayuran yang sering ditanam petani adalah : Bayam, kangkung, sawi, bawang merah dan lain lain.

Di desa Sukorejo telah terbentuk kelompok tani di tiap tiap dukuh. Ada tiga  dukuh di desa Sukorejo yaitu Dukoh Jaro, Dukuh Geneng dan Dukuh Kawung. Di Dukuh Jaro kelompok taninya bernama Tani Makmur, di Dukuh Geneng kelompok taninya bernama Kismiraharjo dan di Dukuh Kawung kelompok taninya bernama Suka Makmur. Kelompok tani ini dibentuk dengan maksud dan tujuan sebagai wadah atau organisasi para petani desa untuk menyalurkan aspirasi, untuk bermusyawarah tentang kebutuhan  dan permasalahan yang dihadapi para petani serta untuk mendapatkan pupuk yang disubsidi pemerintah.